ERGONOMI INDUSTRI

Melalui Blog ERGOMANNER ini saya ingin berbagi pengalaman, pengetahuan, maupun limitasi yang saya miliki dengan HANDAI TOLAN semua, khususnya sharing dalam kajian bidang ilmu ERGONOMI dan K3. Smoga apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi kemaslahatan umat, khususnya dunia pendidikan dan dunia kerja. Amien

Nama:
Lokasi: Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Sabtu, 07 Januari 2012

STRESS AKIBAT KERJA

STRESS AKIBAT KERJA
Sering kali kita bertanya, kenapa kita bisa stress? kenapa orang kerja juga bisa stress?
Jawabannya sangat mudah... itu Manusiawi... berarti orang yang bisa merasakan stress berarti masih waraskan, dan hanya orang gila yang justru tidak merasakan perasaan stress dalam dirinya, karena orang gila tidak perduli dengan dirinya dan lingungannya.
Kaitannya dengan pekerjaan: kita dapat membagi penyebab stress ke dalam 2 kelompok utama Yaitu
1.Stress Worked Related (Tugas/pekerjaan; lingkungan kerja; Organisasi Kerja)
2.Stress Non Worked Related (segala aktivitas yang dapat mempengaruhi jiwa terjadi di luar pekerjaan, tetapi tetap membawa pengaruh ke dalam situasi kerja).
Terdapat beberapa pengertian tentang stress yang dapat dimaknai dari beberapa sudut pandang keilmuan,antara lain sebagai berikut:
a.Dalam bahasa teknik. Stress dapat diartikan sebagai kekuatan dari bagian - bagian tubuh.
b.Dalam bahasa biologi dan kedokteran. Stress dapat diartikan sebagai proses tubuh untuk beradaptasi terhadap pengaruh luar dan perubahan lingkungan terhadap tubuh.
c.Secara umum. Stress dapat diartikan sebagai tekanan psikologis yang dapat menimbulkan penyakit baik fisik maupun penyakit jiwa.
Dengan demikian, jelas terjadinya stress yang diakibatkan oleh setiap pekerjaan tidak boleh dipandang remeh. Terbukti bahwa stress akibat kerja yang tidak ditangani dengan baik telah banyak menimbulkan dampak negatif yang bersifat merugikan, baik terhadap individu pekerja maupun terhadap perusahaan... Temukan solusi lengkapnya dalam "BUKU ERGONOMI INDUSTRI"
Dalam buku ini anda akan menemukan jawaban dari permasalah ergonomi termasuk stress dan kelelahan akibat kerja di industri.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda